Thursday, January 24, 2019

Menjahit Pakaian Sendiri

Almh. Mama saya dulu adalah seorang penjahit. Jadi, di masa kecil saya terbiasa melihat tumpukan kain pesanan orang yang akan dijahit mama. Tumpukan kain itu banyak sekali, terutama menjelang lebaran. Tapi dulu, saya tidak mau belajar menjahit pada mama. Pernah sekali waktu mamah mengajari meng-sum baju, yaitu menjahit ujung baju yang sudah diobras pinggirnya, tapi saya bukan orang yg sabar dan rapi pekerjaannya waktu itu. Pernah juga mama mengajari meng-obras baju, adik saya bisa tapi saya tidak, ya karena itu juga. Saya orang yang tidak sabaran dan mudah putus asa.

Tapi itu dulu. Setelah punya anak tiga gini, apa sih yang gak bisa dilakukan emak-emak. Hahha. Dari benerin rantai sepeda sampe benerin mesin cuci akhirnya jadi bisa. Hihihi.

Jadi, sekitar 3 tahun yang lalu, ibu mertua saya meninggal dunia, dan kami mewarisi cukup banyak bahan pakaian yang belum dijahit. Almh. Ibu mertua dulu memang suka beli sesuatu yang dilihatnya bagus. Dan ibu mertua itu orangnya memang modis. Setelah melihat banyaknya kain bagus begini, saya jadi menyesal dulu gk belajar menjahit yang serius sama mama, soalnya kan kalo dibawa ke penjahit ongkosnya lumayan, sama aja beli pakaian jadi. Tapi, sukurlah sekarang teknologi memungkinkan kita mempelajari apapun jika kita mau. Saya pun buka-buka youtube dan belajar menjahit dari situ.

Walau suami sempat underestimate gitu, yah saya harus buktikan dong, kalau "man jadda wa jada".

Dan inilah beberapa pakaian yang saya buat. Dan saya menjahitnya tanpa mesin jahit loh, alias dengan tangan. Alhamdulillah.



No comments:

Post a Comment